Minggu, 18 Oktober 2015

Aplikasi Yang Menggunakan API (Application Programming Interface)

Aplikasi Yang Menggunakan API (Application Programming Interface)


1. FACEBOOK API


Dapat mengintegrasikan facebook dengan website, untuk pengembangan aplikasi yang dapat dijalankan pada facebook dan digunakan untuk pengembangan aplikasi facebook untuk iphone.
API yang disediakan :  FBML, FQL, FBJS, XFBML, REST API



2. Amazon.com

Amazon.com termasuk web API, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs
web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon
API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon
dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.

sumber : http://www.jejaring.web.id/mudahnya-memahami-application-programming-interface-api/




 Jurnal/Pengamatan yang saya dapat tentang API (Application Programing Interface)

JUDUL : Aplikasi Multimedia Menggunakan DirectAnimation


Disini dijelaskan :
      Microsoft DirectAnimation dapat diwujudkan sebagai aplikasi API (Application Programming Interface) yang berdiri sendiri atau sebagai komponen yang terintegrasi didalam Microsoft Internet Explorer 4.0. Hal ini memberikan sekaligus kemampuan multimedia dan animasi dalam halaman Web dan dapat ditampilkan melalui browser secara langsung tanpa perlu melakukan download program tertentu. Direct Animation juga sangat cocok untuk diintegrasikan dengan Dynamic Hypertext Markup Langguage (DHTML) dan oleh karena mudah digunakan untuk menambahkan efek animasi yang ringan dan ringkas kedalam halaman Web. DirectAnimation merupakan salah satu komponen DirectX API yang dapat digunakan untuk membuat animasi dan integrasi media multimedia kedalam halaman Web.

     DirectAnimation merupakan API yang berbasis Component Object Model (COM) dan dapat digunakan dengan berbagai macam teknik pemrograman. Seorang pembuat HTML misalnya, dapat mengintegrasikan animasi dengan menggunakan pengendali multimedia dari  DirectAnimation.
Programmer yang menggunakan Microsoft Visual Basic, VBScript, Jscript atau Java Aplet, dapat pula membuat program animasi animasi untuk Web dengan menggunakan integrasi DHTML. Dan jika kita bekerja dengan menggunakan Java, Visual Basic atau C++ maka kita dapat membuat interaktif ActiveX control untuk aplikasi yang kita hasilkan.  

     Dengan memanfaatkan DirectAnimation, seorang programmer hanya perlu belajar sedikit mengenai konsep animasi dan langsung dapat digunakan dihampir semua jenis media. Contohnya, seorang programmer hanya perlu mendeklarasikan detail tingkat tinggi dari animasi, sedangkan detail yang berhubungan dengan proses kerjanya lansung ditangani oleh DirectAnimation pada saat aplikasi yang dibuat dijalankan.   

Pengertian API (Application Programming Interface)


    API (Application Programming Interface) adalah
sekumpulan perintah, fungsi, dan protocol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk system operasi tertentu.
API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan system operasi.
    API menyediakan fungsi dan perintah dengan bahasa yang lebih terstruktur dan lebih mudah untuk dipahami oleh programer bila dibandingkan dengan System Calls, hal ini penting untuk aspek editing dan pengembangan, sehingga programer dapat mengembangkan sistem dengan mudah. API juga dapat digunakan pada Sistem Operasi mana saja asalkan sudah ada paket-paket API nya.
Dalam contoh program sederhana, dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh karena itu Kebanyakan programmer membuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming Interface(API). Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama dengan nama di API.

sumber : https://www.facebook.com/permalink.php?id=202701406454107&story_fbid=587822124608698


Pengertian Socket Programming
Sbagaimana cara menggunakan socket API ( Application Socket Programming ), untuk menghubungkan komunikasi antara proses remote dan local.
sumber : http://egrit-nurcahyo-w.blog.ugm.ac.id/2011/09/25/pengenalan-socket-programming/

Pengertian Client Server 
Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.
sumber : https://ardibay89.wordpress.com/server-dan-multi-user/pengertian-istilah-client-server/

Pengertian Protocol  
Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.
sumber : http://muhsub.blogspot.co.id/2009/03/pengertian-protocol.html
Pengertian PORT 
PORT adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Port_%28Jaringan_Komputer%29

Pengertian Web Services
Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu.
sumber : http://saptafina13.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-web-service.html


Jenis-Jenis API (Application Programming Interface)

win 32 API
Subsistem WIN32 adalah suatu lapisan layanan yang terdapat pada semua sistem
operasi berbasis Microsoft.

sumber : https://stefanusdiptya.wordpress.com/2009/11/11/sub-sistem-win32-api-dan-contoh-program-pemanggilan-fungsi-win32api/
 
Java API
Java dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan secara efektif. Java tidak
menyediakan fitur-fitur rumit bahasa pemrograman tingkat tinggi, serta banyak pekerjaan pemrograman yang mulanya harus dilakukan manual, sekarang digantikan dikerjakan Java secara otomatis seperti dealokasi memori. Java menggunakan model pengamanan tiga lapis (three-layer security model) untuk melindungi sistem dari untrusted Java code.

sumber : https://didiindra.wordpress.com/tag/pengertian-java/

openGL
OpenGL memiliki fungsi-fungsi helper seperti GLUT, yang merupakan API karya Mark Kilgard yang memungkinkan pengguna untuk membuat windows dan menangani pesan pesan. OpenGL berbasiskan pada variabel variabel state dan tidak memiliki class, berbeda dengan DirectX, namun sudah terstruktur secara logis. 
sumber : http://mobiuswings.blogspot.co.id/2013/09/opengl-kegunaan-dan-cara-kerjanya.html


 



1 komentar: